Pesawat Terbang Boeing Tipe 737-100/200

Pesawat Boeing tipe 737-100 dan 200 adalah produksi generasi pertama model dari pesawat penumpang keluarga yang paling berhasil didunia dan dikenal dengan Boeing 737 bermesin dua jet. Boeing tipe 737 dirancang sebagai pesawat penumpang jangkauan pendek dan berkapasitas kecil dan sebagai hasil penyempurnaan pesawat penumpang keluarga tipe Boeing yang di bawahya yaitu 727, 720 dan 707.

Pesawat Terbang Boeing Tipe 737-100/200

Pesawat Terbang Boeing Tipe 737-100/200

Diumumkan pada Pebruari 1965, 737 mula-mula dirancang untuk 60 – 85 tempat duduk, kemudian mengikuti pesanan pelanggan yaitu Lufthansa maka ditetapkan dengan desain 100 tempat duduk. Corak disain meliputi dua underwing turbofans yang menjulang, 60% struktural dan sistem ommonalas dengan 727, mencakup badan pesawat terbang yang fuselage cross ection nya sama sehingga membuat lebih luas dibanding lima pesaing yang mengikuti yaitu DC-9 dan BAC-111.

737-100 yang pertama dibuat tanggal 9 April 1967 dan Pebruari 1968 masuk dalam jasa pelayanan Lufthansa, sedang untuk 30 yang terakhir dibuat dan dikirimkan ke Perusahaan penerbangan di Malaysia-Singapore pada Oktober 1969.

Ruang Kabin Boeing 737-200

Ruang Kabin Boeing 737-200

Dalam waktu yang sama Boeing 737-200 dibuat dengan kapasitas yang lebih besar 1.93m ( 6ft 4in) dan melakukan penerbangan pertamanya pada tanggal 8 Agustus 1967. Penyerahan pertama kepada pemesan adalah Desember 1967.

Pengembangan 737-200 meliputi -200C dan mengalami perubahan cepat – 200QC. Yang pasti 737-200 muncul di tahun1971, meliputi perbaikan aerodinamika kecil dan peningkatan lain.

Penjualan pesawat 737-200 jauh melewati produk yang lebih pendeknya yaitu 737-100 dan 737-200 diproduksi sampai 1988, dan periode berikutnya setelah diproduksi sebanya 1114 maka digantikan oleh yang 737-300.

Boeing 737-200 Cockpit

Boeing 737-200 Cockpit

Powerplants

737-100 – Two 62.3kN (14,000lb) Pratt & Whitney JT8D-7 turbofans.
737-200 – Two 64.5kN (14,500lb) JT8D-9As, or two 68.9kN (15,500lb) JT8D-15s, or two 71.2kN (16,000lb) JT8D-17s, or two 77.4kN (17,400lb) JT8D-17Rs dengan daya dorong kebalikan otomatis..

Performance

737-100 – Kecepatan max 943km/h (509kt), kecepatan ekonomi rata-rata 852km/h (460kt). Jarak dengan bahan bakar max 2855km (1540nm).
737-200 – Kecepatan max 943km/h (509kt), kecepatan max rata-rata 927km/h (500kt), kecepatan ekonomi rata-rata 796km/h (430kt). Jarak dengan 115 penumpang ditambah cadangan antara 3520km (1900nm) dan 4260km (2300nm) tergantung pada beban dan mesin.

Weights

737-100 – Kosong 25,878kg (57,000lb), max takeoff 49,940kg (110,000lb).
737-200 – Operating empty 27,448kg (60,600lb), max takeoff 52,390kg (115,500lb), or optionally 58,740kg (129,500lb).

Dimensions

737-100 – Wing span 28.35m (93ft 0in), length 28.67m (94ft 0in), height 11.29m (37ft 0in). Wing area 91.1m2 (980sq ft).
737-200 – Same except for length 30.53m (100ft 2in).

Capacity

Flightcrew of two.
737-100 – Typical single class seating for 100.
737-200 – Typical single class seating for 115, max seating for 130 at 74cm (29in) pitch.
737-200C/QC payload 15,545kg (34,270lb), consisting of pallets or containers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *