Arti Tanda Lampu di Kabin Pesawat

By | 26 March 2018

Bagi Anda yang gemar travelling alias jalan-jalan, pasti sering menggunakan sarana transportasi udara atau pesawat. Saat menaiki pesawat, mungkin kita sering melihat beberapa tanda lampu. Sudahkah kita mengetahui arti tanda lampu yang ada di kabin pesawat.

Berikut ini sebagian arti dari tanda lampu yang ada di kabin pesawat :

Tanda lampu dikabin pesawat

Tanda lampu dikabin pesawat

  1. Lampu tanda dilarang merokok.
    Sesuai dengan gambar yang berupa rokok di silang merah berati kabin pesawat merupakan area dilarang merokok.
  2. Lampu tanda Seat bealt atau sabuk pengaman.
    Arti dari tanda seat belt adalah para penumpang agar segera memakai sabuk pengaman di tempat duduknya. Lampu tanda seat belt menyala pada saat

    • Pesawat Akan Segera Lepas Landas

      Di saat tanda seat belt menyala, biasanya penumpang harus segera duduk di tempatnya masing-masing dan mengenakan seat belt. Kru pesawat kemudian akan mengecek pemakaian seat belt semua penumpang tanpa terkecuali. Tapi jika tanda seat belt yang menyala diiringi dengan bunyi notifikasi dua kali, itu artinya pesawat benar-benar akan lepas landas, sehingga para kru pramugari dan pramugara juga harus duduk di kursinya.

    • Pesawat Akan Segera Mendarat

      Sinyal yang sama juga digunakan saat pesawat hendak lepas landas. Lampu seat belt yang menyala, diiringi dengan bunyi notifikasi dua kali pada speaker dalam kabin pesawat, berarti semua kru diminta untuk duduk di tempatnya masing-masing.

    • Pesawat terbang pada cuaca buruk

      Pada saat pesawat terbang melewati cuacu buruk sehingga terjadi goncangan, maka lampu seat belt juga menyala. Para penumpang dipersilakan duduk dan memakai seat belt, karena terjadi goncangan yang bisa membahayakan yang berakibat benturan.

  3. Lampu Kabin

    Lampu kabin pesawat kerap dimatikan saat akan lepas landas (take off) maupun mendarat (landing). Ada alasan yang berkaitan dengan keselamatan di baliknya. Alasannya adalah agar memudahkan mata penumpang untuk melihat situasi di luar pesawat ketika terjadi hal yang darurat. Kemudian, hal ini juga dilakukan agar lampu petunjuk di lantai kabin bisa terlihat.

    Arti lampu kabin

    Arti lampu kabin

    Jika lampu di dalam kabin tetap dinyalakan, apabila pesawat mengalami keadaan darurat, maka penumpang akan kesulitan untuk melihat situasi yang ada di sekitar pesawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *