Black Box Adam Air Ditemukan

Kotak hitam (black box) pesawat Adam Air yang jatuh dan hilang di perairan Majene, Sulawesi Barat, pada 1 Januari 2007 silam telah ditemukan kapal Offshore Rescuer Zone, Senin (27/8) sore. Kapal ini sudah melakukan pencarian di perairan tersebut sejak 24 Agustus lalu. Kapal pencari itu dioperasikan bersama oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Badan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB). Perincian tentang penemuan kotak hitam tersebut dijelaskan dalam konferensi pers Departemen Perhubungan, Selasa (28/8) siang.

Menurut Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tatang Kurniadi, kotak hitam yang antara lain berisi data penerbangan serta percakapan dalam kokpit masih bisa dibaca. Pesawat Boeing 737-400 Adam Air jatuh dan hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Manado. Pesawat membawa 96 penumpang dan enam awak pesawat. Pencarian besar-besaran melalui darat, laut, dan udara dilakukan, termasuk dengan melibatkan sejumlah kapal perang Indonesia, pasukan dari Kodam VII/Wirabuana, aparat kepolisian, masyarakat setempat, dan kapal Marry Sears dari Amerika Serikat.

Sebenarnya, kotak hitam itu sudah berhasil dideteksi pada kedalaman antara 1.800 hingga 2000 meter di bawah permukaan laut, dengan posisi koordinat 03.41.0359 Lintang Selatan dan 118.08.8592 Bujur Timur, namun tidak diambil karena berbagai alasan termasuk keuangan.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>