Bandara Sepinggan Balikpapan Diresmikan Tanggal 15 September

Bandara Sepinggan Balikpapan Diresmikan Tanggal 15 September

Terminal Baru Bandara Sepinggan Balikpapan yang sudah beroperasi sejak bulan Maret rencananya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Yudhoyono hari Senin tanggal 15 September 2014. Selain meresmikan terminal baru Bandara Sepinggan, Presiden SBY juga akan meresmikan 17 proyek Rencana Induk Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Terminal baru Bandara Sepinggan dibangun ulang selama periode 2012-2013, mempunyai  gedung empat lantai dengan luasan hingga 110.000 meter persegi. Untuk pembangunan terminal Bandara Sepinggan PT Angkasa Pura I (Persero) menhabiskan biaya Rp 2 triliun.

Fasilitas penting dari terminal baru Bandara Sepinggan adalah 11 unit garbarata, terowongan yang mengantar penumpang langsung ke pintu pesawat, atau sebaliknya langsung keluar ke gedung terminal. Sebelumnya ada 74 check-in-counter yang dipasangkan dengan 8 unit ban berjalan (conveyor belt) untuk mengantar bagasi ke pesawat. Bagasi juga ditangani dengan sistem terbaru, yaitu HBS (hold baggage screening) level 4. Di depan terminal ada gedung parkir yang mampu menampung 2.300 mobil. Sehingga membuat Bandara Sepinggan menjadi bandara terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

Untuk bangunan terminal baru Bandara Sepinggan mempunyai konsep Eco-Airport. Terminal baru dibangun seperti pusat perbelanjaan atau mal dengan langit-langit yang tinggi sehingga tetap sejuk meski pendingin udara tidak diaktifkan. Dinding-dindingnya juga dibuat dari kaca sehingga sinar matahari masuk dengan leluasa dan ruangan tetap terang meski lampu tak dinyalakan.

Seperti kita ketahui terminal lama hanya bisa menampung 1,6 juta orang pertahun sudah ditinggalkan. Sejak 22 Maret 2014 lalu seluruh aktivitas penerbangan sudah pindah ke terminal baru yang bisa menampung hingga 10 juta penumpang pertahun. Sebelumnya terminal lama harus melayani hingga 6,4 juta orang pertahun, membuat penumpang terlihat berjejalan saat keberangkatan maupun saat kedatangan.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>