Sistem Tiket Pesawat Elektronik ( e-ticket )

Perkembangan pelayanan reservasi setiap perusahaan penerbangan semakin hari semakin cepat dan canggih. Demikian juga dengan masalah pelayanan pembelian tiket. Pada saat ini sudah banyak maskapai penerbangan di Indonesia mulai beralih dari tiket kertas (paper ticket) ke tiket elektronik (e-ticket). Pemakaian jasa digital service juga di gunakan oleh sebagian besar perusahaan penerbangan Indonesia.

Pengertian e-ticket

E-ticket adalah salah satu bentuk pelayanan jasa penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawat-nya dalam bepergian dengan cara cepat dan akurat. Bentuk e-ticket sangat sederhana. Apabila dibandingkan dengan bentuk tiket biasa yang seperti kupon dengan jumlah halaman lebih kurang 4 s/d 6 halaman atau tergantung kondisi tujuan penumpang yg menggunakan jasa penerbangan, semakin sering transit dan check in maka akan semkain banyak halaman-nya. Untuk e-ticket bentuk tiket hanya selembar kertas yg tertera secara lengkap mulai jadwal penerbangan, tujuan tanggal serta aturan lainnya.

Kelebihan e-ticket

Selain mudah dan ringkas dalam memprosesnya juga tercatat di data electronik di pusat perusahaan penerbangan yg kita pakai. Jadi data akan valid dan akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan e-ticket tidak usah bawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang maka bisa di print ulang dan tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Harga yg tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yg seringkali tidak terbaca tindasannya.

Bagi maskapai penerbangan sendiri, e-ticket juga memperkecil biaya pelayanan, sehingga harga tiket juga dapat ditekan.

Check in dengan e-ticket

Untuk check in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter check-in dan menunjukkan kode booking atau kode konfirmasi. Airlines tertentu bahkan tidak membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang. Setelah reservasi telah dikonfirmasi, penumpang dapat check-in bagasi dan diberikan boardingpass.

E-ticket saat ini telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesian, Airasia, Mandala-air, dan Batavia air. Lion-air juga telah mengaplikasikan sistem e-ticket ini. Namun berbeda dengan maskapai lainnya. Lion air menggunakan e-ticket bagi penumpang langsung, bukan untuk didistribusikan melalui travel agent.

38 Comments
  1. Junaedi 16 years ago
  2. Eddy Noorzaid 16 years ago
  3. Devita 16 years ago
  4. paijo 16 years ago
  5. Agus 15 years ago
  6. Sandy 15 years ago
  7. Ridmi 15 years ago
  8. yanti 15 years ago
  9. yanti 15 years ago
  10. andikzoom 15 years ago
  11. Andri 15 years ago
  12. fena 15 years ago
  13. fena 15 years ago
  14. Anastasia 15 years ago
  15. dini 15 years ago
  16. anriani 15 years ago
  17. risqi 15 years ago
  18. risqi 15 years ago
  19. risqi 15 years ago
  20. Dewi 15 years ago
  21. Subaryanto 15 years ago
  22. Siska 15 years ago
  23. Siska 15 years ago
  24. kurniawan 15 years ago
  25. mala 15 years ago
  26. diah 15 years ago
  27. Reno 15 years ago
  28. lia 15 years ago
  29. Ian 14 years ago
  30. fatma 14 years ago
  31. fatma 14 years ago
  32. Ryan 14 years ago
  33. Nursia Sinaga 14 years ago
  34. aris 14 years ago
  35. amrullah 14 years ago
  36. lalu saprudin 14 years ago
  37. nur ain 14 years ago
  38. darwis siahaan 13 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *