Bandara Internasional Hasanuddin Diperluas

Terminal Bandara Internasional HasannudinPT Angkasa Pura (AP) I mengembangkan bandara Hasanuddin, Makassar, dengan menambah fasilitas terminal, apron, dan taxiway. Fasilitas baru itu baru bisa dioperasikan pada Januari 2008, setelah mengalami penundaan dari target semula Oktober 2006.

Kepala Cabang PT Angkasa Pura I Makassar Max Saliwir mengatakan, pengerjaan konstruksi ketiga fasilitas tersebut ditargetkan rampung sekitar Oktober 2007. ”Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Sebab, progres pekerjaan ketiga sarana tersebut saat ini sudah di atas 93%,” katanya. Max mengaku,setelah pekerjaan konstruksi rampung,masih ada beberapa tahapan lainnya untuk pengecekan standar peralatan dan fasilitas yang digunakan seperti commissioning.

“Pengecekan membutuhkan waktu sekitar dua bulanan. Karena itu,dia baru bisa memastikan Januari 2008 terminal, apron, dan taxiway baru bisa dimanfaatkan. Runway baru masih sekitar 1.800 meter dari 3,1 km yang direncanakan” katanya. Max menyatakan, taxiway, apron, dan terminal baru itu akan memperlancar arus penerbangan di bandara Hasanuddin. Dia mengaku, kerap kali terjadi penundaan penerbangan dan pendaratan pesawat di Bandara Hasanuddin karena fasilitas apron tak memadai.

”Apalagi, pada musim haji, walaupun apron baru hanya memiliki 18 parking standing, atau sama dengan yang lama, saya yakin arus penerbangan tidak akan terganggu lagi gara-gara pesawat sulit dapat tempat parkir,” katanya.

5 Comments
  1. harnot 13 years ago
  2. thepresident 13 years ago
  3. didink 13 years ago
  4. Steve 13 years ago
  5. EboTH 12 years ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *