Bandara Internasional Hasanuddin Diperluas

Terminal Bandara Internasional HasannudinPT Angkasa Pura (AP) I mengembangkan bandara Hasanuddin, Makassar, dengan menambah fasilitas terminal, apron, dan taxiway. Fasilitas baru itu baru bisa dioperasikan pada Januari 2008, setelah mengalami penundaan dari target semula Oktober 2006.

Kepala Cabang PT Angkasa Pura I Makassar Max Saliwir mengatakan, pengerjaan konstruksi ketiga fasilitas tersebut ditargetkan rampung sekitar Oktober 2007. ”Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Sebab, progres pekerjaan ketiga sarana tersebut saat ini sudah di atas 93%,” katanya. Max mengaku,setelah pekerjaan konstruksi rampung,masih ada beberapa tahapan lainnya untuk pengecekan standar peralatan dan fasilitas yang digunakan seperti commissioning.

“Pengecekan membutuhkan waktu sekitar dua bulanan. Karena itu,dia baru bisa memastikan Januari 2008 terminal, apron, dan taxiway baru bisa dimanfaatkan. Runway baru masih sekitar 1.800 meter dari 3,1 km yang direncanakan” katanya. Max menyatakan, taxiway, apron, dan terminal baru itu akan memperlancar arus penerbangan di bandara Hasanuddin. Dia mengaku, kerap kali terjadi penundaan penerbangan dan pendaratan pesawat di Bandara Hasanuddin karena fasilitas apron tak memadai.

”Apalagi, pada musim haji, walaupun apron baru hanya memiliki 18 parking standing, atau sama dengan yang lama, saya yakin arus penerbangan tidak akan terganggu lagi gara-gara pesawat sulit dapat tempat parkir,” katanya.





5 Responses to “Bandara Internasional Hasanuddin Diperluas”

  1. kalau ada yang punya data spesifikasi bangunan taxiway, appron, dan runway atau tahu dimana saya bisa memperoleh data trs. trims

  2. wow, what a great airport.
    Good job Mr. Vice President…
    It’s the real international airport.

  3. kapan dunk di resmiinx?
    btw, pesawat dari luar negeri bisa langsung ke mks?
    klo iya kasih detailx ?
    lumayan khan hemet ongkos g perlu singgah di jkrt

  4. wuah…..asik nih, bandara Hasanuddin udah ubah status jadi International Airport….tapi katanya sih hanya untuk negara2 ASEAN gitu, ama pesawat yg dr Mainland China yg bakal stop di Jakarta, transit nya yah di Hasanuddin dulu.

    @ didink, kamu orang makassar juga???? kamu sekarang di mana emang nya??

  5. Finally, Airport Hasanuddin soft opening kemaren 040808 kemajuan buat pejabat d Sulsel… Tapi sayang yah fasilitas belom 100% sih, kayaknya dipaksaain banget openingnya. Biarlah….

    Airportnya juga ada penambahan nama tuh jd… SULTAN HASANUDDIN AIRPORT.

    Harapan gw sih, mudah2an banyak pesawat yg dari luar negeri mampir d Airport ini…. BRAVO MAKASSAR

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>