Pengertian Mendarat – Landing

Mendarat atau dalam bahasa Inggrisnya Landing adalah bagian terakhir dari suatu penerbangan, di mana suatu penerbangan pesawat terbang kembali ke landasan. Pesawat terbang pada umumnya mendarat di suatu bandar udara diatas landasan pacu atau helikopter yang mendarat di helipad. Pada pesawat terbang , biasanya saat pendaratan kecepatan dikurangi secara pelan-pelan dan posisi diangkat. Tahap yang pertama adalah flare, di mana tingkat pendaratan akan dikurangi dengan transisi pada suatu stall attitude.

Di dalam suatu pendaratan sempurna, mengumpamakan tidak ada angin kencang melintas, kontak dengan landasan dibuat perlahan dan kecepatan dikurangi sehingga cukup untuk panjang landasan. Jika ada suatu crosswind, teknik seperti suatu ketam yang mendarat digunakan untuk pendaratan yang dengan aman.

Selama pendaratan di landasan, ground effect menjadi faktor yang penting untuk pesawat terbang. Ini bertujuan untuk pesawat agar tetap posisi mengudara pada ketinggian tertentu sehingga diperlukan landasan yang panjang untuk mendarat.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>