Jemaah Haji Indonesia Kembali Tanah Air

Minggu kemarin 23 Desember, Jemaah haji kloter pertama, mulai diberangkatkan dari Mekkah ke Jedah. Jemaah yang total berjumlah 1.374 orang, dan berasal dari Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Aceh, rencananya akan menginap semalam di Jeddah, sebelum bertolak ke tanah air hari ini Senin (24/12).

Menurut Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Jedah Cepi Supriyatna, selama di Jedah, para jemaah haji tersebut akan menginap di Hotel Madinah-1 dan Jamal. “Pada 24 Desember (hari ini), jemaah akan bertolak menuju tanah air dari Bandara King Abdul Aziz, Jedah. Jemaah pertama yang akan diberangkatkan yakni dari Palembang dengan jumlah jemaah 323 oran. Mereka dijadwalkan akan meninggalkan Jedah pada pukul 08..00 Waktu Arab Saudi (WAS),” ujarnya.

Dan berdasarkan jadwal pemulangan yang diterima Media, jemaah kelompok terbang (Kloter) PLM 1 akan tiba di tanah air pada pukul 22.00. Kemudian jemaah berikutnya yang akan meninggalkan Arab Saudi adalah dari Kalimantan Timur, dengan jumlah jemaah 321 yang tergabung dalam Kloter BPN 1. Mereka akan berangkat pada pukul 12.00, dan tiba di tanah air pukul 05.15.

Sementara itu, jemaah asal Jawa Tengah yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) SOC 1 akan bertolak ke tanah air pada pukul 13.00 dan tiba pukul 05.10. Dan jemaah asal Aceh yang tergabung dalam Kloter BTJ1 berangkat pukul 21.15, dan tiba pukul 09.05.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi apakah ada di antara jemaah yang tergabung dalam kloter-kloter tersebut yang tidak dapat dipulangkan karena sakit. Namun, data dari Sanitasi dan Surveillance (Sansur) Mekah, hingga Sabtu (22/12), ada empat orang yang berasal dari kloter di atas yang masih dalam perawatan Medis.

Mereka yaitu Harjanto bin Supono (SOC 1), Nurul Asia (BPN 1), Ishak bin Mahmud (BPN 1), dan Mustika Akbar (BTJ 1). Sementara itu, untuk data jemaah meninggal dunia, hingga Minggu pagi tercatat ada 164 orang. Dengan rincian, meninggal di Mekah (103 orang), Mina (25 orang), Muzdalifah (2 orang), Arafah (10 orang) Madinah (20 orang), dan Jedah 4 orang.

Sedangkan jumlah jemaah dirawat, tercatat ada 98 orang dengan rincian dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) 98 orang dan RS Arab Saudi 65 orang.

Situasi di Mekah sendiri, saat ini, mulai berangsur sepi. Banyak jemaah yang mulai meninggalkan Mekah, menuju ke tanah air masing-masing. Kebanyakan dari mereka saat ini berada di Jedah untuk menunggu waktu pemulangan. Sumber Depag





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>