PGD Dirja 50 Bandara Ngurah Rai Denpasar

Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, menggelar latihan gabungan menangani kecelakaan pesawat. Latihan terpadu penanggulangan gawat darurat Dirgantara Raharja ke-50 ini diikuti oleh PT Angkasa Pura I, Dinas Perhubungan Bali, SAR Denpasar, TNI AU Ngurah Rai, KP3U Ngurah Rai, Imigrasi serta Pemadam Kebakaran Denpasar dan Badung, RSUP Sanglah.

“Latihan ini dititikberatkan pada peragaan cara koordinasi dan kerjasama operasi penyelamatan jiwa saat terjadi kecelakaan pesawat,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Heru Legowo.

Pada acar PGD dengan nama Dirgantara Raharja ke 50 tersebut dengan skenario sebuah pesawat bernama ‘Bali Holiday’ digambarkan mengalami kecelakaan dan terbakar saat mendarat di Bandara Ngurah Rai, pukul 10.35 wita, Rabu (17/12/2008). Akibat kecelakaan tersebut, tiga orang penumpang meninggal dunia.

Selain penumpang tewas, dari 165 penumpang dan 15 kru, sebanyak 28 orang luka ringan, 22 orang luka sedang, 12 orang luka berat, dan 100 orang selamat. Kecelakaan tragis pesawat jenis A-320 milik Bali Holiday nomor penerbangan BHLOO1 rute Hongkong-Bali berawal ketika mengalami turbulensi akibat cuaca buruk di atas udara Philipina yang mengakibatkan 5 orang mengalami luka serius.

Laporan kecelakaan pesawat tersebut disampaikan oleh Unit Pemandu Lalu Lintas Udara Makasar ke Bandara Ngurah Rai dan unit penganggulangan gawat darurat. Dalam perjalanan ke Bali, di posisi 70 mil dari Bali, kejadian makin tragis karena mesin pesawat no 1 mengalami kerusakan serta mengeluarkan asap.

Pada saat mendekati Bali, pilot memutuskan mendarat di laut. Di posisi 5 mil dari Bali, pilot membatalkan mendarat di laut namun mendarat di landasan pacu Bandara Ngurah Rai. Pada pukul 10.35 wita, pesawat mendarat oleng ke kiri, terjerembab di kanan landasan kemudian terbakar.

Para petugas segera melakukan evakuasi terhadap korban untuk menghindari jatuhnya korban lebih banyak. Petugas PMK berupaya keras memadamkan api yang melahap seluruh badan pesawat. Korban luka segera dilarikan ke RSUP Sanglah, Denpasar.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>