Pesawat Terbang Boeing 737-900ER

Beberapa hari kemarin dunia penerbangan dipenuhi dengan berita dioperasikannya pesawat Boeing 737-900ER oleh Maskapai Penerbangan Lion Air. Boeing 737-900ER adalah varian terbaru dari pesawat Boeing 737. Pesawat yang pertama kali di dunia digunakan Lion Air ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan 737-900 yang telah diproduksi sebelumnya.

Boeing 737-900ER ini adalah pesawat kategori short-to-medium range twinjet atau pesawat jet mesin ganda dengan jarak tempuh dekat hingga sedang yang diperkenalkan pertama kali pada tanggal 18 Juli 2005 oleh Boeing yang ketika itu telah berlogo Lion Air dan Boeing.

Dimensi pesawat ini identik dengan tipe 737-900 tetapi dengan sedikit perbedaan di struktur badannya sehingga membuat 737-900ER dapat membawa penumpang lebih banyak dan dapat terbang lebih jauh dibanding pendahulunya. Pesawat ini bisa membawa 215 penumpang sedangkan 737-900 yang hanya sekitar 189 penumpang atau lebih banyak 26 penumpang.

Kokpit pesawat Boeing 737-900 ER (Extended Range) telah dilengkapi dengan Head Up Display (HUD). Peralatan ini biasanya dipakai pada pesawat militer atau pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mempermudah pilot dalam menentukan kemiringan pesawat baik secara vertikal maupun horisontal. Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit. Sistem glass cockpit ini dipercaya akan menjadi trend bagi pesawat-pesawat baru.

Pesawat keluaran anyar Boeing ini juga lebih hemat bahan bakar dan mempunyai jarak tempuh yang lebih jauh dari generasi sebelumnya. Pesawat ini mengkonsumsi avtur 20-30 persen lebih hemat dibandingkan pesawat lainnya dengan kapasitas penumpang yang sama.

Boeing 737-900ER bisa sekali terbang bisa menempuh jarak yang lebih jauh sepanjang 3.200 nautical miles atau 5.900 kilometer. Pesawat ini juga lebih ringan sekitar 10.000 pounds atau 4.536 kilogram dari pesawat sekelas dari pesaing Airbus 321.





20 Responses to “Pesawat Terbang Boeing 737-900ER”

  1. peningkatan teknologi yang semakin signifikan agar terciptanya pelayanan dan safty di dunia penerbangan…dan kepuasan konsumen adalah yang utama….tingkatkan teknolgi…

  2. thanks for information..
    mungkin ditambahkan tentang pesawat-pesawat baru seperti a380,a319 dan pesawat lainnya
    mungkin beberapa data teknis juga karena sangat berguna untuk beberapa kalangan untuk tugas akhir dsb.
    thanks

  3. kemajuan teknologi jg harus di imbangi dengan kemajuan sumber daya manusia nya jg.. semoga, dengan ada nya 739-Er ini,, bs menambah semngat belajar bagi insan dunia perhubungan udara di indonesia..

  4. 737-900er Lion air dengan no registrasi PK-LFJ pada bulan oktober lalu menggesrek landasan saat hendak tinggal landas menuju denpasar, pesawat yang masih terbilang baru tersebut gesrek landasan karena posisi teke off yang terlalu mendongak, akibatnya sisi bawah bagian belakang pesawat robek 2,5m.

  5. kapan yach pswt type b 737 900 er ke jogjakarta

  6. KUEEREEN KABIN PESAWATNYA SERASA TERBANG DENGAN PESAWAT PRIBADI

  7. KAPAN BOEING 737-900ER MASUK BANDARA SELAPARANG MATARAM-LOMBOK

  8. Pengalaman naik b 737-900-er ini waktu jalan2 ke Manado.

    Kalo dirasakan emang pesawatnya lebih besar dan nyaman dari tipe MD (tapi tetep aja dapetnya aer putih doank hehe)

    dapet tempat duduk di deket sayap, overall lumayan bagus interiornya juga cukup lah cuman kekurangannga ya itu.. Cuma dapet akua doang padahal 3 jam terbang jakatrta menado

  9. jangan hanay kapasitasnya saja yang bertambah bagus dan keren tapi harus diimbangi juga dengan kualitas sdm, agar tidak ada lagi korban-korban yang berjatuhan seperti yang terdahulu

  10. Kpd pihak maskapai penerbangan Lion Air Indonesia agar berkenan untuk memulai pembukaan Rute baru yakni Bdg – pku.
    trims

  11. […] keberangkatan, saya tidak melihat ada satupun pesawat MD-82 yang sedang parkir. Yang ada justru Boeing 737-900ER yang baru itu. Dan rupanya itu hari keberuntungan saya karena ternyata memang pesawat itulah yang […]

  12. kpn neh boeing 737-900 ER msk jogja,he5…

  13. Jarak tempat duduk yang cukup rapat membuat penerbangan dengan LION 737-900ER tidak terasa nyaman.

  14. YA PERNAH DAPAT BOEING 737-900 ER…G NYANGKA JUGA DARI ACEH KE MEDAN NAIK MD 82 WINGS AIR…TRUS NYAMPE MEDAN GANTI BOEING 737 900 ER MENUJU JAKARTA…INTERIOR NYA MEMANG BARU,TAPI TEMPAT DUDUKNYA RAPAT BANGET…TERUS CUMA DI KASIH AQUA..:(

  15. bila seluruh penerbangan lion menggunakan boeng 737-900ER pasti semua pelanggan tertuju ke Lion Air

  16. Masih mending dapet air minum (biar air mineral gelas), kemarin2 perjalanan Jakarta ke Makassar (2 jam an perjalanan) gak dapet apa2. Yang ada malah pramugari jualan air mineral botolan 600ml. Lumayan cukup mahal harganya Rp. 10.000 an. So… “Semoga Anda senang terbang bersama Kami…” kata Pramugarinya.

  17. 737 900 ER, sangat nyaman menurut saya.

  18. Terbang dengan 737-900ER memang mengasyikkan. Penerbangan Medan-Jakarta dilalui dengan baik. Tapi, seatnya kok gaya bus kota ya, kerapatan lagi. Giliran minta minum…Rp. 10.000,- Yaahh…padahal cuma Aqua doang. Boleh dong gw nitip Aqua buat dijual di pesawat…gw ambil 40% aja deh dari keuntungan. Hehehe

  19. hmm….boleh minta data teknis 737-900ER yg lebih terperinci gak? kalau boleh kirimin ke email gw ya??? hehehe 🙂
    trim’s

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>