Pesawat Lion Air Tabrak Sapi di Bandara Jalaluddin Gorontalo

Pesawat Lion Air dengan nomor Penerbangan JT-892 mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Jalaluddin di Gorontalo pada pukul 13.13 UTC. Pesawat Lion Air jenis Boeing 737-800NG  tersebut berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Gorontalo. Saat terjadi accident tersebut cuaca di Bandara Jalaluddin Gorontalo dalam kondisi yang baik.

Lion Air Tabrak Sapi di Bandara Jalaluddin Gorontalo

Pesawat Lion Air JT892 dari Ujung Pandang mendarat di Runway 27 pada pukul (13.13 UTC) dalam kondisi cuaca yang bagus, namun saat posisi Touch Main Wheel (roda tengah) pesawat sebelah kiri menabrak sapi yang ada disekitar landas pacu sehingga Pesawat keluar 10 meter di luar landasan. Pilot in Command dari pesawat naas tersebut adalah Capt. Iwan Pribadi.

Pesawat Lion Air Tabrak Sapi di Bandara Jalaluddin Gorontalo

Pesawat berada di 2100 meter runway 09 dan masih menunggu evakuasi dari pihak terkait dan investigasi dari Pihak KNKT. Akibat dari belum dievakuasinya Pesawat Lion tersebut, Bandara Jalaluddin Gorontalo hanya melayani pesawat ATR 72 dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan Landas Pacu Bandara hanya bisa digunakan sepanjang 1700 meter.

Kondisi ini mengakibatkan beberapa penerbangan menuju Bandara Jalaluddin Gorontalo yang menggunakan pesawat Boeing 737 dan sejenisnya mengalami keterlambatan. Namun diperkirakan Tim dari KNKT yang akan melakukan investigasi sekaligus mengevakuasi pesawat, akan sampai di Bandara Jalaluddin Gorontalo sekitar pukul 14.00 waktu setempat sehingga nantinya diharapkan pesawat tersebut segera dapat dievakuasi dan bandara kembali dibuka untuk melayani pesawat Boeing 737 dan sejenisnya.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>