Pesawat Brasil Jatuh, Sekitar 200 tewas

Pesawat jet Airbus A320 milik maskapai penerbangan Brazil, Tam, itu menabrak gedung dan stasiun pengisian bahan bakar milik maskapai itu, lalu meledak dan terbakar. Pesawat tersebut mengangkut 176 penumpang dan awak. Banyak orang di darat juga tewas.

Sebelumnya, pesawat tergelincir ke luar landasan saat mendarat. Pesawat kemudian berusaha terbang kembali dan sempat berputar beberapa saat sebelum akhirnya jatuh dan menabrak sebuah stasiun pengisian bahan bakar. Pesawat juga menabrak sebuah gedung milik Tam Airlines yang berada tak jauh dari landasan. Seorang saksi mata menuturkan sempat terdengar ledakan sebelum api berkobar dan menghanguskan badan pesawat.

Otoritas penerbangan setempat mengatakan pesawat mengangkut 176 penumpang dan awak pesawat. Pesawat dengan nomor penerbangan 3054 ini tengah dalam perjalanan dari Porto Alegre menuju Sao Paulo. Belum diketahui penyebab pesawat tergelincir. Diduga, pilot kesulitan mendaratkan pesawat yang berukuran besar di atas landasan pendek dalam kondisi hujan deras.

Pihak berwenang Brazil mengatakan sekurang-kurangnya 200 orang tewas setelah sebuah pesawat penumpang tergelincir dari landasan pacu ketika mendarat di Sao Paulo, Brazil. Gubernur negara bagian Sao Paulo, Jose Serra, mengatakan tidak satupun dari ke-176 penumpang dan awak pesawat akan mungkin selamat dari panas luar biasa yang ditimbulkan oleh api tersebut. Pihak berwenang telah menemukan jenazah paling sedikit 40 orang dari rongsokan pesawat itu.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>