Monorel Serpong Bandara Soekarno Hatta

Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membangun monorel yang membentang dari Serpong hingga Bandara Soekarno-Hatta. Di sepanjang jalur monorel sepanjang 26 kilometer ini, nantinya dibangun 14 stasiun (titik pemberhentian) untuk mengangkut penumpang.

Dalam dokumen pra rencana Pembangunan Monorel Serpong-Bandara, ada enam alasan mengapa dipilih monorel daripada moda transportasi lainnya.

Monorel Serpong Bandara Soekarno Hatta

1. Pembebasan lahan tidak memerlukan biaya besar karena infrastruktur berada di atas jalan raya.

2. Jalan Serpong Raya cukup lebar, 30 meter.

3. Dapat melibatkan pihak pengembang perumahan, pengelola mal dan apartemen yang dilintasi.

4. Waktu jarak tempuh singkat, jalur sepanjang 22 kilometer hanya butuh 20 menit.

5. Fleksibel dan relatif singkat untuk direalisasikan, dalam waktu tiga tahun.

6. Dapat dioperasikan oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pembangunan monorel Serpong-Bandara ini ditujukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Tangerang Selatan. Sedikitnya, terdapat 17 titik kemacetan yang salah satunya terdapat di sepanjang jalan Serpong Raya, yang nantinya akan dilalui jalur Monorel.

Kemacetan disebabkan peningkatan volume kendaraan yang sangat tinggi serta perkembangan pusat kegiatan dan perbelanjaan yang sangat cepat di wilayah Serpong Raya.

Saat ini, pembangunan jalur Monorel Serpong-Bandara masih dalam tahap pra-rencana tata ruang Provinsi Banten. Sejumlah pembahasan dan kajian masih akan terus dilakukan.

Sumber : Vivanews





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>