Merpati Jogja – Bandung Divert Soekarno Hatta

Pada tanggal 29 Oktober 2007 kebetulan admin ditunjuk untuk mendampingi pelatihan pajak di Bandung. Berangkat naik pesawat Merpati dengan nomer penerbangan MZ 855 dari Yogyakarta ke Bandung. Schedule keberangkatan jam 16.30 WIB akan tetapi pesawat baru datang dari Bandara Hasanuddin Makasar pada 16.25 sehingga mengalami keterlambatan sekitar 25 menit.

Kondisi cuaca di Yogyakarta saat itu dalam keadaan Hujan. Akhirnya pesawat Merpati MZ 855 mulai take off dari bandara Adisutjipto Yogyakarta pada jam 16.55. Sesuai informasi crew pesawat penerbangan Yogyakarta menuju Bandung ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit. Dalam perjalanan kondisi cuaca banyak awan tebal dan gerimis sehingga pesawat sering mengalami goncangan pada saat melewati awan tebal.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 35 menit pesawat belum ada informasi pesawat akan mendarat di bandara Husein Sastranegara Bandung. Power Engine pesawat sudah dikurangi dan pesawat berputar-putar sesekali menerjang awan tebal. Kebetulan admin duduk di dekat jendela jadi dapat melihat kondisi di luar akan tetapi belum terlihat daratan dibawah.

Setelah beberapa kali berputar-putar, admin merasakan bahwa Power Engine di tambah dan pesawat menjadi terbang lebih tinggi. Beberapa saat kemudian crew menginformasikan bahwa pesawat tidak dapat mendarat di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan dialihkan (Divert) ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

Akhirnya setelah terbang 15 menit kemudian pesawat landing di Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan selamat. Kami disuruh menunggu di ruang tunggu sampai ada informasi kondisi cuaca di Bandung. Kami menunggu di Bandara Soekarno Hatta hampir 1,5 jam lamanya.

Setelah ada informasi kondisi cuaca di Bandara Husein Sastranegara memungkinkan untuk pesawat mendarat, maka kami diinformasikan akan diberangkatkan lagi ke Bandung. Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung ditempuh sekitar 20 menit.

Sekitar pukul 20.30 akhirnya pesawat Merpati dengan nomer penerbangan MZ855 mendarat di Bandara Husein Sastranegara dengan selamat. Kondisi cuaca saat itu masih hujan deras akan tetapi mendung yang ada tidak tebal sehingga secara visual sehingga saat akan mendarat kami masih bisa melihat kota Bandung dari udara. Alhamdulillah akhirnya bisa mendarat dengan selamat.

Sebagai kesimpulan, sesuai dengan keselamatan penerbangan bahwa apabila suatu pesawat menuju suatu bandar udara dimana bandara tersebut tidak memungkinkan untuk pesawat mendarat, maka pesawat tersebut akan dialihkan (Divert) ke bandara terdekat. Dalam hal tersebut Alternate Bandara Husein Sastranegara Bandung adalah Bandara Soekarno Hatta Jakarta.





2 Responses to “Merpati Jogja – Bandung Divert Soekarno Hatta”

  1. […] Setelah menempuh perjalanan sekitar 35 menit pesawat belum ada informasi pesawat akan mendarat di bandara Husein Sastranegara Bandung. Power Engine pesawat sudah dikurangi dan pesawat berputar-putar sesekali menerjang awan tebal.3 […]

  2. Dengan Hormat,

    Sebelumnya, kami sampaikan permintaan maaf apabila pengiriman penulisan komentar ini sedikit menyimpang dan bahkan mengganggu aktifitas dan kenyamanan Bapak / Ibu. Perkenankanlah kami untuk memperkenalkan organisasi kami “Community Motor Pulsa” Indonesia. Organisasi yang bergerak di bidang otomotif dan telematika. Maksud dan tujuan kami adalah untuk adanya kerjasama kemitraan dari Perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Besar harapan kami untuk adanya respon ( timbal – balik ) dari penulisan komentar yang akan di reply sehingga ada tindak-lanjut dari kami untuk adanya kerjasama. Atas waktu dan perhatiannya, kami sampaikan terima kasih.

    Hormat Kami,

    Community Motor Pulsa

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>