Mandala Airlines, Air Asia Rubah Layanan Low Cost Carrier

Mandala Airlines dan Indonesia Air Asia akhirnya menurunkan kelas pelayanan. Kedua maskapai itu yang tadinya bermain di medium service menjadi no frill service atau low cost carrier (LCC).

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bhakti di Lokakarya Media Massa Kemenhub di Hotel Horison, menyampaikan bahwa Mandala Airlines mengubah service layanan dari medium service menjadi no frill service.

Mandala Airlines, Air Asia Rubah Layanan Low Cost Carrier

Selain Mandala, Indonesia Air Asia juga mengambil langkah serupa. Kedua maskapai itu resmi bermain di layanan LCC pada awal Juli 2010.

Dengan demikian, maskapai penerbangan yang menerapkan layanan Low Lost Carrier (LCC) adalah Mandala Airlines, Indonesia Air Asia, Lion Air, Wings Air, Travira Air. Hanya Garuda Indonesia yang melayani penerbangan full service, sisanya berada pada pelayanan medium.

Sementara Kasubdit Angkutan Udara Berjadwal Ditjen Hubud Kemenhub Hemi Pamuraharjo mengatakan kebijakan maskapai ini didasari alasan kinerja perusahaan.

Full service merupakan layanan penerbangan penuh, meliputi bagasi maksimal 20 kg, makanan, minuman, hiburan, dan koran. Memiliki kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi dengan jarak tempat duduk lebih dari 31 inchi.

Sedangkan pelayanan medium, meliputi bagasi maksimal 20 kg, tersedia makanan dan minuman namun tidak ada hiburan dan koran. Memiliki kelas ekonomi dan jarak tempat duduk kurang dari 31 inchi.

Sedangkan no frill atau LCC tidak ada layanan seperti yang diberikan dua kelas layanan di atas.





One Response to “Mandala Airlines, Air Asia Rubah Layanan Low Cost Carrier”

  1. BAJING LONCAT DI LION AIR
    Keamanan barang bawaan di bagasi tidak Terjaga dengan baik
    banyak Terjadi Pencurian atau barang hilang …
    dan lemahnya penjagaan keamanan bandara dalam penjagaan Barang bawaan dari maupun ke pesawat pesawat di bandara
    Bila ingin bepergian dengan LION AIR Hati-Hati dengan barang bawaan anda di bagasi ini terjadi di penerbangan
    JT 0715 Pontianak – Jakarta 03 Agustus 2010

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>