Lion Air Mendarat Darurat di Bandara Batam

lionairPesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 972 yang berangkat dari Medan menuju Batam dengan tujuan akhir Surabaya mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam. Pesawat tersebut mendarat setelah berputar-putar di udara selama kurang lebih 1,5 jam karena roda depan tidak berfungsi.

Pesawat berangkat dari Medan Sumatera Utara (Sumut), Senin (23/2/2009) pukul 16.30 WIB dengan membawa 156 penumpang. Namun ketika akan mendarat di Batam, Kepulauan Riau, roda bagian depan tidak bisa keluar. Akhirnya kapten pilot yang bernama Anwar mengambil inisiatif untuk membawa pesawat berputar-putar di atas bandara.

Di samping untuk mengurangi bahan bakar, manuver ini juga ditujukan agar roda depan bisa keluar. Sekitar 1,5 jam, pesawat tersebut melayang-layang di udara, tapi roda depan tetap tidak juga keluar. Hingga kemudian, pramugari melalui pengeras suara memerintahkan seluruh penumpang yang memiliki barang yang dibawa untuk segera menyimpannya di bagasi serta meminta seluruh penumpang yang memakai sepatu hak tinggi untuk segera membukanya karena pesawat akan mendarat darurat akibat rusaknya roda depan.

Akhirnya pesawat mendarat pukul 18.30 WIB. Beruntung pendaratan tersebut berhasil dilakukan dengan selamat. Saat pesawat itu mendarat, di sekitar lokasi pendaratan telah disiapkan setidaknya 3 mobil pemadam kebakaran.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>