Lion Air Mematuhi Grounded Pesawat MD 90

lionairmd90Memenuhi perintah Direktur Jenderal Perhubungan Udara Departemen Perhubungan yang tertuang dalam surat bernomor AU/1217/DKUPPU /0936/2009 tertanggal 11 Maret 2009, secar resmi terhitung sejak Rabu 11 Maret 2009, maskapai Lion Air menghentikan sementara pengoperasian seluruh pesawat jenis MD-90 series miliknya.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait dalam pernyataan persnya Rabu 11/03/09 mengatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan seluruh penerbangan yang dilayani oleh MD 90 tidak akan terganggu dengan penghentian sementara pesawat itu. ”Kita akan gunakan pesawat pengganti jenis lainnya,” jelas Edward Sirait . Penghentian pengoperasian ini dilakukan hingga pemeriksaan yang dilakukan pihak regulator dalam hal ini Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Ditjen Perhubungan Udara selesai dilakukan.

Pemeriksaan yang dilakukan ini terkait dua peristiwa kecelakaan yang melibatkan pesawat jenis itu. Yakni pendaratan darurat tanpa roda depan di Bandara Hang Nadim, Batam, 23 Februari silam (JT 972), dan peristiwa tergelincir di landasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, pada 9 Maret lalu.

Pasca pendaratan darurat di Batam beberapa waktu lalu, Menhub Jusman Syafii Djamal mengimbau agar Lion Air mengganti pesawat-pesawat MD series yang dimilikinya. Menhub menilai, selain pesawat jenis itu termasuk pesawat yang boros dalam penggunaan bahan bakar, upaya peremajaan juga akan menopang citra Lion yang sudah baik dengan penggunaan pesawat-pesawat baru jenis Boeing 737-900 ER. Usai memberikan sambutan pada acara Munas ke-3 Masyarakat Kereta Api (Maska), Rabu (11/3), Menhub juga kembali mengungkapkan hal serupa, dikatakan Menhub, usia pesawat pada dasarnya tidak akan mempengaruhi kualitas keselamatan pesawat tersebut. ”Asalkan pesawatnya dirawat dengan baik dan seluruh prosedur dijalankan. Usia tidak berpengaruh. Mau baru, mau lama, sama saja. Semua tergantung pada mekanisme perawatannya,” tegas Menhub. Namun menurut Menhub, maskapai dituntut untuk memperketat mekanisme dan jadwal perawatan rutin. ”Semakin tua usia pesawat, tingkat pemeriksaannya harus lebih sering dibandingkan pesawat baru di samping biaya operasionalnya juga lebih tinggi. Ini yang akan kita konfirmasikan kepada pihak Lion Air,” ujarnya.





One Response to “Lion Air Mematuhi Grounded Pesawat MD 90”

  1. keren..
    kita sama2 punya minat yang sama.
    boleh bertukar link?

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>