Kemenhub Peringatkan Penerbangan Waspada Abu Bromo

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Ashtam, atau peringatan untuk dunia penerbangan tentang debu vulkanik akibat letusan Gunung Bromo di Jawa Timur. Bandara terdekat dengan Gunung Bromo terus dipantau.

Ketika status Gunung Bromo menjadi awas meski belum meletus maupun telah meletus, dikeluarkan Ashtam (peringatan terhadap dunia penerbangan). Informasi Ashtam berupa waktu, prediksi arah angin, debu setinggi apa, dan rute jalur udara yang kena dampak.

Kemenhub Peringatkan Penerbangan Waspada Abu Bromo

Dalam mengeluarkan Ashtam informasinya diperoleh dari berbagai pihak yakni direktorat vulkanologi, BMKG, dan pusat data untuk wilayah Asia Pasifik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengirim surat ke Kemenhub (Kementrian Perhubungan) bagian udara. Laporan itu disampaikan setelah PVMBG mendapatkan laporan jika material vulkanik yang dimuntahkan Gunung Bromo sempat mengganggu penerbangan tujuan dari/ke Bandara Abdulrachman Saleh, Malang.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>