Jumlah Penumpang Mudik Melalui Bandara Meningkat

Dari pantauan jalannya mudik lebaran tahun ini, menurut perkiraan ada peningkatan jumlah penumpang pesawat yang mudik tahun ini sekitar 15 persen dari tahun lalu. Tetapi realisasinya ada penambahan lagi sekitar lima persen, jadi meningkat menjadi 20 persen dari masa mudik Lebaran 2008.

Untuk diketahui, Ditjen Perhubungan Udara memprediksikan, jumlah penumpang angkutan udara pada masa mudik tahun ini mengalami peningkatan sebesar 15 persen dari pelaksanaan tahun lalu. Yaitu dari 15.314.851 penumpang menjadi 16.250.902 penumpang.

Dengan penambahan sebesar lima persen tersebut, berarti total jumlah penumpang angkutan udara pada masa mudik kemarin mencapai hingga 18 juta orang. Jumlah penumpang terbesar dari total arus pemudik itu, lanjut Herry, dilayani oleh Bandara Soekarno-Hatta, mencapai hingga 60 persen.

Meskipun terdapat sejumlah keterlambatan pada jadwal penerbangan, secara keseluruhan pelaksanaan mudik Lebaran kemarin relatif lancar.  Delay pasti ada dan tidak bisa dihindari karena padatnya traffic, tetapi jumlahnya tidak signifikan. Alhamdulillah para penumpang cukup memahami kondisi tersebut, karena di satu sisi maskapai cukup bertanggung jawab dan memberikan informasi dengan jelas seperti yang telah  diminta sebelumnya.

Kemudian untuk pelaksanaan arus balik yang diperkirakan akan mengalami puncaknya pada Sabtu (26/9) atau H+6 Lebaran, jumlah penumpang pengguna jasa angkutan udara diperkirakan tidak akan mengalami perubahan signifikan. Atas dasar itulah, pemerintah tetap akan menerapkan skenario penyiapan armada sesuai dengan pelaksanaan arus mudik.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>