Cuaca Mulai Hujan, Airline Diminta Pengecekan Ganda

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta seluruh operator penerbangan untuk melakukan pengecekan pesawat secara rangkap dan lebih teliti terkait kerap turunnya hujan belakangan ini. Pengecekan rangkap itu dilakukan terutama terhadap instrumen-instrumen vital pendukung lepas landas dan pendaratan seperti ban.

Wamenhub mengungkapkan, berdasarkan ramp check yang dilakukan secara acak oleh inspektor dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan di seluruh bandara, hasilnya cukup baik.

Dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini, sering turun hujan, saya mengimbau maskapai untuk melakukan double check. Misalnya untuk ban. Meski ban baru dan masih terlihat bagus, tetapi kalau ditemukan indikator-indikator yang berpotensi mengancam keselamatan segeralah diganti. Begitu juga dengan fungsi-fungsi hidroliknya, harus diteliti ulang dan lebih detail.

Ramp check perlu dilakukan untuk memastikan maskapai yang melayani penerbangan, baik pada masa liburan Natal dan Tahun Baru 2010 maupun hari-hari biasa, lancar dan memenuhi standar keselamatan. Selain itu juga untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna jasa. Dengan mendengar berita adanya ramp check instensif ini, masyarakat bisa mengetahui bahwa pesawat yang akan mereka tumpangi itu aman.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>