Batas Usia Pilot Maksimum 65 Tahun

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan memperpanjang batasan maksimal usia pilot, boleh menerbangkan pesawat sampai usia 65 tahun, sebelumnya 60 tahun. Direktur Sertifikasi dan Kelaikan Udara Depertemen Perhubungan Yurlis Hasibuan mengatakan pihaknya bersama instansi terkait sedang mengkaji rencana tersebut secara mendalam. ”Terutama kajian medis dan nanti diskusi dengan komunitas penerbang, katanya.

Menurut dia, rencana perpanjangan batas usia pilot berdasarkan pertimbangan kesehatan bahwa pilot berusia 65 tahun masih mampu mengoperasikan pesawat terbang. Rencana itu juga mengakomodasi berbagai masukan, terutama dari kalangan pilot.

Namun, dia menjelaskan, pembatasan usia 65 tahun tak akan berlaku untuk semua pilot. Ketentuan itu nantinya hanya berlaku bagi penerbangan pesawat dengan dua penerbanga (double pilot). ”Itu pun ada syaratnya, pilot pendamping dari pilot yang berusia 65 tidak boleh berusia lebih dari 60 tahun.”

Untuk penerbanga dengan satu pilot (single pilot), batas usia maksimal tetap 60 tahun. ”Misalnya pilot pesawat Cesna atau helikopter,: kata Yurlis. Usia pilot di sekolah penerbangan juga tetap dibatasi 60 tahun.

Jika batas usia 65 tahun sudah ditetapkan, dia melanjutkan, nantinya syarat – syarat kelaikan pilot akan ditambah. Evaluasi kelaikan juga akan dilakukan setiap enam bulan.

Presiden Federasi Pilot Indonesia Manator Napitupulu mengakui Federasi Pilot Indonesia meminta regulator penerbangan memperpanjang batas maksimal usia pilot. Usul itu mengantipasi potensi krisis pilot di Indonesia. ” Sekarang tahap sosialisasi. Usul disampikan tiga bulan lalu ke Menteri Perhubungan.”

Manator menjelaskan, jumlah pilot di tanah air saat ini, yang berjumlah 2.500 pilot, sebenarnya masih memadai. Namun, ada potensi kelangkaan setelah sejumlah maskapai nasional berencana menambah pesawat dan ancaman hengkangnya pilot nasional ke maskapai asing.

Soal batasan usia, menurut Manator, pertimbangan utama kelaikan pilot tak hanya usia, tapi juga yang penting kondisi kesehatan pilot. “ Umur 40 tahun kalau tak sehat, ya, Tidak boleh terbang,” ujarnya. Batasan maksimal 65 tahun, kata dia, sesuai dengan ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penerbanga Nasional Tenku Burhanudin mengatakan penambahan batas usia maksimal pilot tak jadi masalah asalkan syarat – syaratnya terpenuhi, terutama dari sisi kesehatan.





One Response to “Batas Usia Pilot Maksimum 65 Tahun”

  1. […] Sumber :   http://bandara.web.id […]

Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>