Bandara Juanda Akan Diperkuat Jalur Kereta

Dishub dan LLAJ Jawa Timur akan membuat jalur kereta api (KA) tembus ke Bandara Juanda. Kereta listrik ini bakal dioperasikan paling lambat 2012. Kabid Pengembangan Transportasi Dishub & LLAJ Jatim Wahid Wahyudi mengatakan, jalur KA ini akan menjadi alternatif warga yang akan ke bandara. Selain naik bus dan taksi, mereka juga bisa naik kereta.

Bandara Juanda

Rencana membuat jalur KA langsung ke bandara ini menguat setelah Ditjen Perkereta-apian memastikan menindaklanjuti rekomendasi SNCF Perancis yang disampaikan kepada PT KA sekitar 1997. Dalam rekomendasi tersebut, jalur KA di kota metropolitan seperti Surabaya dan sekitar disarankan tidak dibangun sebidang dengan jalan raya. Posisi rel, dianjurkan di atas jalan (elevated).

Ruas itu dipilih, karena berdasar data penumpang, pada koridor utara–selatan, volume penumpang paling padat dibandingkan koridor lainnya. Untuk mewujudkan rute awal ini, konsep yang diusung adalah memanfaatkan lahan yang ada.

Bentuknya, dari ruas rel di Aloha Sidoarjo, akan disambung belok kiri menuju Juanda dengan memanfaatkan ruas lahan di tengah-tengah jalan kembar (doubel way) Jl Raya Juanda lama hingga pertigaan jalan baru di sekitar hotel Utami lalu belok kiri hingga perempatan Sedati, dan langsung lurus ke Jl Raya Juanda Baru menuju Bandara Juanda.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>