Bandara Adisutjipto Dibuka Airline Takut Beroperasi

Abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi sempat menyebabkan Bandara Adisutjipto, Yogyakarta ditutup. Namun untuk hari ini, bandara telah dibuka kembali dan dinyatakan aman untuk pesawat yang melakukan pendaratan.

“Untuk hari ini bandara kita sudah kembali open,” ujar General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Adrianto, kepada detikcom, Minggu (7/11/2010).

Bandara Adisutjipto Dibuka Airline Takut Beroperasi

Meskipun bandara sudah kembali normal, Agus menjelaskan, beberapa maskapai masih memilih tidak melakukan perjalanan menuju Yogyakarta. Hal ini dilakukan beberapa maskapai dalam rangka menjujung tinggi keselamatan para penumpangnya.

“Airlinesnya sendiri yang mengambil langkah untuk membatalkan penerbangan. Dengan alasan mereka ingin menjunjung tinggi keselamatan para penumpang, apalagi mereka masih melihat situasi Merapi seperti ini (terus meletus),” kata Agus.

Tidak jelas sampai kapan maskapai tersebut akan menunda keberangkatannya menuju Yogya. Yang jelas, untuk hari ini ada 8 maskapai yang dipastikan tidak akan beroperasional.

“Diantaranya ada Garuda, Lion Air, Madala, Batavia, dan Air Asia,” jelasnya.

Sedangkan untuk kondisi cuaca di sekitar bandara Adisutjipto sendiri, menurut Agus sudah cukup baik.

“Kondisi bandara hari ini jauh lebih layak dari sebelumnya, jarak pandang juga semakin membaik dan jatuhan debu vulkanik juga hampir tidak ada lagi. Namun kalau maskapai masih memilih belum melakukan aktivitas ke sini (Bandara Adisutjipto) kami cukup memahami,” tandas Agus.

Sebelumnya, Sabtu (6/11) Bandara Adisutjipto resmi tidak beroperasional. Hal itu karena cuaca sekitar bandara masih dipenuhi abu vulkanik akibat letusan Merapi.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>