Bandara Adisumarmo dan Adisutjipto Beroperasi Hari Selasa

Dampak letusan Gunung Kelud tanggal 13 Pebruari 2014 mengakibatkan tujuh bandara ditutup. Tujuh Bandara tersebut adalah Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Adi Sumarmo Solo, Bandara Internasional Adi Sucipto (Yogyakarta), Bandara Abdulrahman Saleh (Malang), Bandara Ahmad Yani (Semarang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Tunggu Wulung (Cilacap).

Bandara Adisumarmo dan Adisutjipto Beroperasi Hari Selasa

Sampai hari Senin masih ada 2 bandara yang belum beroperasi yaitu Bandara Adisutjipto Yogyakarta dan Bandara Adisumarmo Surakarta. Bandara Adisumarmo rencananya beroperasi hari ini, ternyata masih dalam tahap pembersihan, sehingga baru bisa beroperasi hari Selasa.

Untuk Bandara Adisutjipto juga masih terus dibersihkan. Di landasan dan apron Bandara Adisutjipto masih terlihat banyak personil yang membersihan. Walaupun dibantu pemda beserta TNI AU agar proses pembersihan bisa selesai secepatnya, akan tetapi hingga kini masih 90 persen. Pengelola Bandara Adisutjipto mentargetkan untuk bisa beroperasi besok hari Selasa.

Sementara ini cuaca di Jogja dan Solo dalm kondisi cerah. Berdasarkan peringatan VAAC (Volcanic Ash Advisory Centre) di Washington, AS, sebagian besar sebaran abu vulkanik di udara telah meninggalkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Kini sebaran abu vulkanis Gunung Kelud itu mengarah ke Samudera Indonesia dan Pulau Sumatera. VAAC mengeluarkan rekomendasi agar pesawat tidak melintas di area itu





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>