19 Rute Milik Merpati Airlines Ditawarkan ke Maskapai Lain

Setelah ditutupnya operasional maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines sejak 1 Februari 2014, Kementerian Perhubungan telah menawarkan 19 rute penerbangan yang dimiliki oleh perusahaan penerbangan plat merah tersebut. Rute-rute yang ditawarkan merupakan rute penerbangan yang hanya dioperasikan oleh Merpati tanpa ada persaingan dengan maskapai lainnya, sehingga diharapkan bisa tetap menunjang aktivitas masyarakat.

19 Rute Milik Merpati Airlines Ditawarkan ke Maskapai Lain

Kementerian Perhubungan  selaku regulator akan menawarkan 19 rute ini kepada maskapai penerbangan yang telah memiliki rute ini di dalam Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP). Jika maskapai bersangkutan tidak tertarik, maka Kementerian Perhubungan akan menawarkannya kepada maskapai lain.

Apabila maskapai tersebut punya rute tersebut maka akan mendapat prioritas, kalau dia tidak minat, baru kita kasih kepada yang minat. Citilink sudah menyatakan minat, tapi mereka sedang menghitung. Kementerian Perhubungan telah membuat surat mulai Selasa, berarti minggu depan harus ada respons. Kalau sudah ditawarkan mereka tidak mau maka akan ditinggal.

Sebelum tutup operasi, Merpati mengoperasikan 62 rute penerbangan. Namun hanya 19 rute penerbangan yang ditawarkan karena 43 rute lainnya sudah dioperasikan bersama-sama dengan maskapai penerbangan lain, sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi udara.

Kementerian Perhubungan memberikan daftar 19 rute penerbangan Merpati yang ditawarkan kepada maskapai penerbangan lain, yaitu Ambon-Labuha, Bade-Merauke, Biak-Sorong, Bima-Makassar, Ende-Saumlaki, Ewer-Merauke, Jayapura-Tanah Merah, Kepi-Merauke, Labuan Bajo-Maumere, Makassar-Maumere, Makassar-Merauke, Makassar-Selayar, Manado-Palu, Merauke-Tanah Merah, Merauke-Wanam, Moananami-Nabire, Mulia-Nabire, Sorong-Timika, dan Gebe-Ternate.





Leave a Reply

You can use these XHTML tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <blockquote cite=""> <code> <em> <strong>